POPULAR STORIES

Lap Kanebo Ternyata Bisa Menggores Bodi Mobil, Begini Penjelasannya

Lap Kanebo Ternyata Bisa Menggores Bodi Mobil, Begini Penjelasannya Beragam lap yang sering digunakan untuk mengeringkan bodi mobil (Foto : KabarOto)

KabarOto.com - Bagi pemilik kendaraan seperti mobil mungkin sudah tidak asing dengan kanebo atau Plas Chamois. Lap ini biasanya digunakan untuk mengeringkan bodi mobil yang basah karena terkena air hujan atau setelah dicuci. Namun, ternyata sering menggunakan kanebo bisa membuat baret bodi mobil. Disarankan beralih menggunakan lap microfiber, sebab lebih aman untuk bodi mobil.

Lap Plas Chamois atau kanebo memang sudah dikenal sejak zaman dulu, karena daya serapnya cukup tinggi dan cara mengeringkannya cukup diperas, sehingga mudah. Namun ada kekurangannya jika terus gunakan lap ini.

Baca Juga : Perbedaan Coating Mobil 7H, 9H, Dan 10H

“Kalau bisa jangan pakai kanebo, karena debu dan kotoran itu terbawa di lap, dan bisa menggores permukaan bodi. Sebab mobil modern kebanyak gunakan soft paint, sehingga jika ada debu sedikit dilap, akan timbul bekas swirl mark nantinya,” jelas Andri selaku punggawa PDV Detailing.

Perbandingan antara plas chamois dan microfiber.

Baca Juga : Harga BBM Shell, BP Dan Vivo Per 1 Januari 2024 Turun!

Lebih disarankan gunakan lap microfiber, atau drying towel, sebab bahannya itu dapat mengunci debu atau partikel kecil lainnya di dalam serat lap. Sehingga meminimalisir gesekan ke permukaan bodi mobil.